Jurus Ampuh Siswa Kreatif Sejak Dini di Dunia Digital, Ini Kuncinya

Bali – Dunia digital menambah beragam pilihan kreatif dalam bermain dan berkarya anak. Termasuk pembelajaran siswa di sekolah. Salah satu tips bagi orang tua dan guru agar suasana kelas dan belajar di kelas atau di rumah menjadi lebih menarik dan menarik adalah dengan mengubah soal-soal sekolah dan materi pembelajaran menjadi berbagai permainan yang menantang.

“Saat kami mengajar di kelas atau saat kami membantu anak belajar di rumah, sejak COVID-19 Jika perkuliahan atau bahan ajarnya tetap sama Anak-anak dan pelajar akan malas belajar. Namun saat menerapkan ide gamifikasi, dimana saya mengganti materi pembelajaran dengan permainan yang menyenangkan dan lucu. Mereka akan sangat aktif dalam Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Bali I Gede Putu Krisna Juliartha di Bali Kamis (16/5/2024)

Hal tersebut ditunjukkan I Gede Putu saat tampil sebagai pembicara pada webinar literasi digital yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika. (Kemenkominfo) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali di Wilayah Administratif Klungkung, Bali, Kamis (16/5).

Bagian studi dilakukan pada topik tersebut “Kreativitas di Dunia Digital Sejak Awal” Ratusan siswa dan guru daerah mengikuti webinar ini. Depot udang yang dikelompokkan (Nobar) di sekolahnya antara lain SMPN 1 dan SMPN 2 Dawan, SMPN 2 dan 3 Semarapura, SMAN 1 Dawan, SMAN 2 Semarapura, SMAN 2 dan 3 Nusa Penida, SMAN 1 Banjarakan meliputi Wisata Saraswati Klungkung SMA Pariwisata PGRI Dawan dan SMA.

I Gede Putu mengatakan, dunia pendidikan Tanah Air kini dihadapkan pada sistem atau metode baru yang mengharuskan para guru dan dosen untuk cepat mempelajari permainan-permainan terkini.

Silakan gunakan Google. Semuanya bisa ditemukan dan digunakan. Sehingga pembelajaran di kelas bisa lebih memacu kreativitas anak masa kini,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan Ni Kadek Mirah Dita dari SMAN 1 Nusa Penida tentang berkreasi dengan peralatan digital yang terbatas, musisi Raka Maukar yang turut serta dalam webinar tersebut. Sebutkan langkah-langkah yang harus diikuti ketika menggunakan ponsel atau ponsel.

Jalan? Buat konten FYP yang pendek namun menarik untuk halaman Anda di Tiktok atau buat Reel Facebook. Buat konten pendek dan ringan. Rakka mencontohkan. Belum lama ini seseorang menampilkan permainan petak umpet secara langsung. Dan ada sekelompok anak-anak yang sedang bermain kelereng. Ternyata kontennya membuat banyak orang rindu, sehingga penontonnya mencapai ribuan.

“Jangan hanya memikirkan pariwisata atau bisnis besar. itu rumit Saya sudah memikirkan hal ini sejak lama tetapi tidak pernah memulainya. “Yang penting adalah memulainya sejak dini. Dan teruslah belajar sambil melihat masukan dari penonton,” tambah Raka.

Dari sudut pandang lain, pembuat konten Danin Sibilo mengatakan: Yang perlu Anda kuasai setelah mendapatkan banyak pengikut adalah Jangan malas dalam membuat konten dan video pendek. “Pengalaman saya adalah jika terlalu lama, Nanti males nontonnya,” ucapnya.

Danin berpesan kepada para peserta untuk mengedit gambarnya menggunakan berbagai aplikasi digital. yang dapat membantu membangkitkan kreativitas pada anak benar-benar sejak usia muda Diantaranya adalah aplikasi GPT Chat serta aplikasi AI lainnya untuk menghasilkan konten guna membuat suasana pembelajaran di kelas menjadi lebih menarik.

Untuk informasi anda Webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Klungkung Bali ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang telah berjalan sejak program #literasidigitalkominfo tahun 2017. Tahun ini akan ditayangkan pada Februari 2024 bekerja sama dengan Cyber ​​​​Creation dan 142 mitra jaringan.

Mengembangkan keterampilan warga negara menuju #MakinCakapDigital Indonesia itu penting. Karena menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada tahun 2024 akan mencapai 221,5 juta orang dari total penduduk 278,7 jiwa di Indonesia –

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *