World Cyber Games 2024 Digelar di Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

JAKARTA – Perkembangan industri game Indonesia sangat pesat. Hal itu didukung Pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpress) Nomor 1.

Pilar 7 Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 menekankan pentingnya meningkatkan aktivisme dan apresiasi produsen hewan buruan nasional dengan menyelenggarakan kegiatan nasional, regional, dan global. Berkaitan dengan hal tersebut, inisiatif industri konten menyelenggarakan acara Forum Bisnis Ekonomi Kreatif yang mempertemukan berbagai pemangku kepentingan di industri konten seperti komik, game, film/animasi dari berbagai negara dengan kreator lokal di Jakarta.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves RI) mengungkapkan potensi pasar game online di Indonesia tidak lebih besar dibandingkan pasar global. Untuk game di pasar global saja, potensi keuntungannya terus meningkat hingga mencapai ratusan miliar dolar AS.

Pada tahun 2022, potensi uang yang dihasilkan game di pasar global mencapai 249,55 miliar dolar AS, kata Liz Jeni Merry, Pj Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI. Pada tahun 2023, omzetnya meningkat lagi menjadi 281,77 miliar dollar AS.

“Itu beberapa ribu triliun (rupee), itu (pasar) global. “Sekarang untuk mobile, game yang didominasi oleh platform seluler akan bernilai 136 miliar dolar AS pada tahun 2022, yaitu sekitar setengah dari 250 miliar dolar AS, 136 miliar dolar AS. uangnya seputar game mobile,” ujarnya. Kata Liz saat konferensi pers pembukaan World Cyber ​​​​Festival Games (WCG) 2024 di Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Liz mengatakan, potensi uang dari omzet game di Indonesia pada tahun ini diperkirakan mencapai 2,5 miliar dolar AS atau sekitar 39 triliun. Angka tersebut tidak sebanding dengan posisi Indonesia yang berada di posisi tiga besar downloader game saat ini. “Di Indonesia sendiri, seperti yang saya katakan tadi, 2,5 miliar dollar AS dan Indonesia merupakan negara downloader terbesar ketiga di dunia, dengan 3 miliar orang yang mendownload game,” kata Liz.

Menurutnya, tingginya jumlah pengunduh game di Indonesia membuktikan bahwa mereka tertarik dengan game di perangkat seluler dan konsol. Kementerian Koordinator Bidang Kelautan dan Perikanan mendorong masyarakat untuk menciptakan permainan sendiri agar mampu bersaing di pasar global.

“Potensi yang bernilai ekonomi bisa kita transfer ke Indonesia untuk mendorong generasi muda kreatif menjadi kreator permainannya sendiri,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Liz mengungkapkan ada tujuh tantangan dalam mengembangkan ekosistem game secara mandiri. Pertama, pengembangan sumber daya manusia (SDM); kedua, pembukaan akses pembiayaan; Ketiga, promosi dan akses pasar. keempat, menyediakan infrastruktur teknologi yang memadai dan berdaya saing; Kelima, penyiapan regulasi untuk memperkuat ekosistem permainan nasional dan keenam, pengembangan industri perangkat keras permainan nasional; dan tujuh aktivasi permainan nasional di kawasan regional dan global.

Berdasarkan hal tersebut, Liz mendukung Indonesia menjadi pasar gaming terbesar di Asia Tenggara, sekaligus menjadi tuan rumah WCG 2024. Festival multigame terbesar di dunia ini telah ada sejak tahun 2001, menampilkan 111 negara, 76 game, dan 1,5 juta pemain. Dunia Dunia

Selain itu, Presiden RI Jokowi juga mendukung keberadaan ekosistem gaming nasional. Hal ini diperkuat dengan hadirnya Peraturan Presiden (Perpress) Nomor 19 Tahun 2024 tentang percepatan pengembangan industri game nasional. “Semangat Perpres Nomor 19 Tahun 2024 mendorong kita untuk meningkatkan nilai ekonomi industri ini, memberikan manfaat bagi Indonesia dan meningkatkan lapangan kerja berbasis kearifan lokal,” ujarnya.

Liz mencontohkan seperti Lokapala, game buatan developer Indonesia dengan unsur budaya lokal. Game tersebut bertemakan relief luar Candi Borobudur, sehingga pengembang game juga harus menambah literasi agar game tersebut sesuai dengan budayanya masing-masing. “Ilmu-ilmu tersebut bukan hanya IT (informasi dan teknologi), mungkin banyak sektor industri (game) yang dibutuhkan untuk membuat game-game tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Sipta Karsa Adhikarya (Cakra) Ivan Chen mengatakan industri perjudian Indonesia belum diakui di dunia internasional. Namun perlahan tapi pasti, kini dunia mulai melirik pasar industri game Indonesia. Ivan menilai untuk mengenalkan game lokal ke pasar global diperlukan influencer.

Misalnya saja Dreadout, game PC yang dikembangkan oleh developer Indonesia dan dimainkan oleh YouTuber ternama dunia PewDiePie. “Gamenya tahun 2009, tapi tahun 2015 PewDiePie mainnya, tiba-tiba meledak, tiba-tiba banyak sekali yang download dari seluruh dunia, itu sukses,” kata Evan.

Menurutnya, rangkaian kegiatan WCG tahun ini akan berlangsung di berbagai negara di Asia Tenggara, Jepang, dan Korea Selatan, dimana festivalnya akan sampai ke Indonesia. Acara tersebut menjadi momen bersejarah karena Indonesia pertama kali menjadi tuan rumah festival WCG pada tanggal 31 Agustus – 1 September 2024, dan salah satu official game bergengsi adalah Lokapala, game buatan Indonesia. . acara

Kegiatan Rangkaian Forum Bisnis Ekonomi Kreatif yang dimulai dari WCG Festival ini akan melibatkan berbagai pemangku kepentingan industri konten dari berbagai negara dan 100 orang terkemuka dari Asia Tenggara dan Korea Selatan yang akan menghadiri World Cyber ​​​​Games Festival 2024.

Forum ini merupakan peluang emas untuk mendorong pengembang game lokal agar aktif di Asia Tenggara melalui influencer marketing sekaligus menarik investasi lokal dan asing. “Partisipasi olahraga lokal dalam festival WCG 2024 dengan konsep baru ini akan meningkatkan akses pasar olahraga lokal di kawasan Asia Tenggara dan global,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *